Saturday, June 15, 2013

0

Orang-orang Kaya Indonesia yang Dermawan

  • Saturday, June 15, 2013
  • Forbes, Majalah yang biasa membuat peringkat orang terkaya, baru saja merilis daftar orang paling baik hati atau orang paling dermawan dengan judul  '48 Heroes of Philanthropy' in Asia.  Dalam daftar tersebut ada 4 perwakilan dari 12 negara di kawasan asia termasuk Indonesia.

    Pahlawan Filantropi ini adalah orang-orang yang aktif dalam bidang kemanusiaan dengan memberikan sumbangan besar seperti sumbangan ke universitas atau melakukan kampanye untuk meningkatkan kehidupan masyarakat miskin di pedesaan.

    Menurut Forbes, tujuan dari rilis daftar ini bukan untuk menentukan  peringkat orang be dasarkan jumlah uang yang mereka sumbangkan, tetapi untuk menarik perhatian dan mendorong orang terkenal atau orang kaya lainya agar melakukan hal yang sama.

    Lalu siapa saja orang-orang baik hati tersebut, berikut ini daftarnya:

    1. 

    Muhammad Jusuf Kalla







    [imagetag]






    Muhammad Jusuf Kalla (JK) adalah mantan Wakil Presiden RI yang kini aktif memimpin Palang Merah Indonesia. Kalla Foundation, Yayasan milik JK bergerak di bidang kemanusiaan dan telah berjalan selama 29 tahun. Tahun lalu saja, perusahaan tersebut menghabiskan US$ 1,3 juta untuk membangun sekolah khusus anak-anak miskin di Bone, Sulawesi Selatan dan menanam 10.000 pohon di sepanjang hamparan pantai Sulawesi Selatan.


    Yayasan tersebut dibiayai oleh Kalla Group yang merupakan perusahaan swasta yang bergerak di otomotif dan properti.





    2. Irwan Hidayat







    [imagetag]


    Melalui Sidomuncul Group, Irwan mengeluarkan US$ 280.000 tiap tahun untuk program mudik gratis pada saat lebaran. Program mudik yang hanya diikuti 190.000 orang saja sudah dimulai sejak 22 tahun yang lalu dengan melibatkan sekitar 300 bus untuk mengangkut para pemudik. Sidomuncul Group juga menghabiskan US$ 2,5 juta untuk operasi mata katarak gratis bagi 12.000 orang. Sidomuncul Group  bekerjasama dengan 97 rumah sakit dan 100 rumah sakit militer di Indonesia untuk mensukseskan program ini.



    3. Tahir



    [imagetag]






    Melalui Tahir Foundation, Tahir telah membantu siswa dan mahasiswa di perguran tinggi. Ia juga menggelontorkan US$ 25 juta di April kemarin guna memberantas polio sampai 2018. Angka tersebut sama besarnya dengan Yayasan Bill dan Melinda Gates dalam mendorong vaksinasi dan kampanye pendidikan.



    4.  Anne Avantie

    112786


    [imagetag]






    Anne merupakan seorang desainer ternama di Indonesia. Ia dikenal dengan karyanya berupa kebaya yang sangat berkualitas dengan harga selangit. Anne membiayai Wisma Kasih Bunda, rumah di Semarang yang dikhususkan untuk anak-anak Hidrosefalus (hydrocephalus) dan kelainan lainnya. Sejak fasilitas tersebut didirikan di tahun 2002, Ia telah memiliki 800 anak-anak  dan membantu membayar biaya medis mereka hingga US$ 2.000 per-anak. Anne juga dikenal sebagai 'social entepreneur', Ia membuat berbagai macam pelatihan dan lokakarya untuk penjahit, mahasiswa, dan ibu rumah tangga.

    0 Responses to “ Orang-orang Kaya Indonesia yang Dermawan ”