Sunday, July 8, 2012

0

5 Band Indonesia Kurang Terkenal yang Sangat Berkualitas

  • Sunday, July 8, 2012

  • Indonesia memang negara yang kreatif. Lagu-lagunya tak kalah dengan band-band luar. Tetapi sayangnya selera orang Indonesia yang senangnya dengan lagu-lagu melayu dan cengeng.

    memang selera orang berbeda-beda. Ada yang suka jazz, blues, pop, tetapi di jaman sekarang, lagu-lagu rock murni (bukan rock pop/rock alternatif) sudah tampaknya mati di kalangan generasi jaman sekarang. Padahal jika anda hidup di jaman 1970-1990 lagu-lagu yang hits di seluruh dunia adalah rock. jarang sekali lagu pop/jazz yang hits di tahun keemasan rock n roll tersebut

    "Rock is not dead...it`s only sleeping in the spirit of your generation"

    Tetapi tidak bermaksud ingin mempromosikan band-band rock, memang Indonesia sedikit pecinta musik rock, dan band-band rock indonesia pun jarang (yang paling terkenal adalah Slank). Bukan berarti selera musik orang indonesia rendah. Di jaman sekarang, Musik soul dan jazz sedang pesatnya berkembang di Indonesia.

    Banyak band-band indie Indonesia yang memang lebih berkualitas daripada band-band yang terkenal jaman sekarang.

    Berikut ini adalah list band-band indonesia yang kurang terkenal tetapi sangat berkualitas versi saya

    1. Mocca

    [imagetag]

















    Band yang sempat menduduki masa keemasan di tahun 2000 awal-awal ini memiliki nuansa lagu eropa yang sangat kental. Lirik-lirik lagunya pun sangat terpaku dengan point of view seseorang (bersifat pribadi) menjadikan lagu-lagu band Mocca sangat cocok di kalangan perempuan. Dalam album pertamanya My Diary lagu-lagunya liriknya saling berhubungan seperti membaca sebuah buku harian. Band inipun dikontrak label Swedia, dan lebih sering manggung di negara-negara tetangga seperti singapura dan thailand, malah sekarang ia siap berkarya di jepang. Lagunya saja pernah menjadi soundtrack film korea bernama Bandhobi
    Jika anda mendengar lagu-lagu mocca, anda mungkin serasa seperti di eropa :D.

    2. The S.I.G.I.T

    [imagetag]















    Mungkin band ini terdengar asing di telinga anda. Band indie ini merukapan Nirv
    ana-nya Indonesia. Band ini memiliki aliran musik berisik atau Garage Rock. Mungkin terdengar seperti Grunge Rock. The S.I.G.I.T memiliki kepanjangan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent. Setiap personil band ini memiliki skill bermain musik yang diatas rata-rata. Pada tahun 2007 band ini tour ke Australia. Band ini menjadi dikenal di kalangan indie di australia dan memiliki banyak fans-fanatik yang menyebut dirinya sendiri "The Insurgent Army"

    Pecinta Rock wajib mendengarkan lagu-lagunya.

    3. Superman is Dead

    [imagetag]

























    Band ini memang cukup terkenal. Ia dikenal sebagai band "pemberontak" atau band rebel yang memerangi lagu-lagu melayu-cengeng indonesia. Band bergenre punk ini dibangun di Bali dengan 3 personil (formasi band punk). Jangan berpikiran anak punk seperti Johnny Napalm bila menddengar SID ini, karena SID membawakan nuansa punk yang berbeda dari biasanya. Superman is dead sendiri memilki arti bahwa tidak ada manusia yang sempurna seperti Superman. pada saat merilis album terakhirnya "Angels and the Outsider", band ini satu-satunya band indonesia dan band kedua se-Asia yang dipanggil ke Warped Tour Festival di amerika dan tour di kota-kota amerika lainnya.
    Punk rock n' roll pertama di indonesia ini memang wajib dimiliki albumnya

    4. D'Cinnamons

    [imagetag]















    Band ini mirip dengan band Mocca, atau, jika anda tahu Maliq & D'essentials, band ini adalah versi akustik dari Maliq & D'essentials. D'cinnamons dibentuk pada tahun 2004, tetapi pada tahun itu jarang sekali orang indonesia yang mengenal band ini. Band ini memiliki prinsip "unplugged" dan akustik total. Formasi band hanya 3 personil dengan 2 gitar akustik dan 1 bass akustik (bass betot). Anda mungkin jarang mendengar lagu D'Cinnamons diputar di radio, tetapi di kalangan indie, band ini cukup terkenal. Tanpa efek suara, band ini berhasil meciptakan lagu dengan irama "soothing" dan cantik.
    Cinnamon yang berarti "kayu manis" dapat memberikan lagu-lagu yang berirama manis :D.

    5. Souljah

    [imagetag]



























    Tak bisa dipungkiri, band-band reggae indonesia sangatlah berkualitas, seperti Tony Q, Steven n the Coconut Trees, Dan band-band lain. Salah satunya adalah Souljah. Nama Souljah sendiri memiliki asal usul yang cukup aneh. "Soldier" yang diucapkan logat jamaika menjadi "Souljah", yang berarti mereka adalah pejuang musik. Souljah bukan hanya memainkan musik reggae, tetapi ia juga banyak memainkan jazz, rock, pop. Band pelopor jamaican musik indonesia ini memang pantas masuk list top 5 band berkualitas di Indonesia.

    Dengerin lagu-lagu souljah serasa lagi di Jamaika
    .
     
     
    658910

    0 Responses to “ 5 Band Indonesia Kurang Terkenal yang Sangat Berkualitas ”