Monday, June 11, 2012

0

Sarang Burung Walet

  • Monday, June 11, 2012
  • [imagetag]

    Pastilah sobat pernah mendengar istilah sarang walet. Kalau belum,berarti sobat baru saja mengetahuinya dari artikel ini. Sarang burung walet sangat banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah dibidang pengobatan. Nah,agar lebih jelas,maka admin akan memberikan informasi tentang sarang burung walet ini.

    Sejarah Sarang Walet
    Sejarah kepopuleran sarang walet pertama kali datang dari masyarakat cina kuno. Kaisar cina terdahulu telah mengetahui cara memanfaatkan sarang burung walet. Sarang burung walet ini awalnya dimanfaatkan oleh para kaisar di Cina sebagai salah satu bahan makanan. Sarang ini paling populer dimasak dalam bentuk sup.

    Konon, sup sarang burung walet akan membuat seseorang berumur panjang. Masyarakat Cina kuno mempercayai bahwa kaisar mereka adalah keturunan dewa dan bisa berumur hingga sepuluh ribu tahun. Meskipun begitu, nyatanya mereka tetap ingin memanfaatkan sarang walet untuk kesehatan sang kaisar.

    Ketika sarang walet pertama kali ditemukan, mungkin tidak ada yang pernah berpikir bahwa benda itu akan bernilai ekonomis sangat tinggi. Sarang burung walet ini nyatanya diperkirakan memberi manfaat luar biasa untuk kesehatan manusia. Ternyata, Burung walet membuat sarangnya dengan memanfaatkan air liurnya yang kental. Ketika terkena angin, air liur ini pun akhirnya mengering dan membentuk sarang. Konsep yang unik dari pembuat sarang oleh burung walet.

    Manfaat Sarang Burung Walet
    Banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat sarang walet sehingga sangat diminati di seluruh dunia. Orang tidak keberatan membayar dengan harga yang tinggi demi mendapatkan sarang walet. Budidaya walet pun saat ini begitu digalakkan karena merupakan komoditas ekspor yang bernilai ekonomi sangat tinggi.

    Aslinya, sarang ini dibuat di daerah pegunungan, tepatnya di dalam gua-gua. Hal itu sangat wajar mengingat di sanalah habitat hewan ini. Mereka membuat sarang di tempat yang tersembunyi. Akan tetapi sejak sarang walet diburu, tentu saja banyak yang mencari meski sarangnya berada di tempat yang sulit untuk ditemukan.

    Oleh karena itu, tidak jarang para pemburu sarang ini harus menemui ajal saat sedang memanen. Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, maka harganya lebih mahal dibanding sarang burung walet rumahan yang memang sengaja dibudidayakan.

    Budidaya walet biasanya dilakukan oleh keluarga atau perusahaan yang sengaja terjun di bisnis ini. Sarang walet sangat mudah ditemukan di toko obat atau pasar pecinan. Ada yang disebut sarang burung walet bersih, sarang yang siap untuk dimasak. Ada pula yang disebut dengan sarang burung walet kotor.

    Sarang ini biasanya dijual dalam kemasan tertentu atau ditimbang per kilo. Manfaat sarang ini yang menonjol ada dua. Pertama, sebagai makanan untuk berumur panjang serta menjadi obat kuat. Kedua, sarang walet pun dijadikan salah satu bahan baku obat kuat dengan harga yang fantastis. Hal ini menjadi sangat menggiurkan bagi banyak orang, terutama kaum lelaki.

    Akan tetapi, belakangan terjadi sesuatu yang kurang menggembirakan bagi orang yang terjun di bisnis ini. Sarang burung walet ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan sehingga tidak se-booming dulu. Ternyata ini menjadi imbas setelah diadakan penelitian lanjutan mengenai manfaat sarang ini.

    Hasil dari laboratorium di beberapa negara besar mengungkapkan bahwa sarang ini tidak sebombastis yang didengungkan selama ini. Vitamin di dalamnya hanyalah vitamin standar yang khasiatnya tidak lebih hebat dari kandungan di dalam ikan tongkol.

    Bagi Anda yang biasa mengonsumsi sarang walet atau pelaku budidayanya, info ini tentu kurang menyenangkan. Akan tetapi, jika memang pasar masih memungkinkan dan memang suka menyantapnya, mengapa harus berhenti? Toh penelitian lanjutan masih terus dilakukan hingga saat ini.

    [sumber]
    703302

    0 Responses to “ Sarang Burung Walet ”