Tuesday, June 19, 2012

0

Ratusan Umat Islam Rohingya di bunuh Di Myanmar [+PIC]

  • Tuesday, June 19, 2012
  • Ratusan Umat Islam Rohingya 
    di bunuh Di Myanmar [+PIC]


    [imagetag]
    Pernyataan Media Bersama SHURA dan MAPIM10hb Jun 2012SHURA, MAPIM KUTUK sekerasnya PEMBUNUHAN UMAT ISLAM Rohingya DI MYANMARSekretariat Himpunan Ulama Rantau Asia (SHURA) dan Dewan Konsultasi Organisasi Islam Malaysia (MAPIM) menghimbau pemerintah dan pemimpin Islam di Malaysia dan seluruh dunia segera memperhatikan perkembangan yang sedang terjadi pada umat Islam Rohingya di Myanmar sekarang ini.

    Sejak 3 hb Juni 2012 baru-baru ini 10 orang Muslim di Taunggote, daerah Tongu di bunuh dalam sebuah bus yang sedang pulang dari acara Tabligh untuk kembali ke Rangoon, oleh sekelompok teroris dan kelompok rasis etnis Rakhine.

    Mereka diserang setelah seorang wanita Rakhine dikatakan telah diperkosa dan dibunuh oleh orang Rohingya.Lanjutan itu kami diberitahu kelompok teroris Rakhine Buddha telah menyerang semua penduduk Islam di Akyap, ibukota Arakan.Sedangkan kampung Sara Prang dan Tarang Shong di daerah Rathidong telah di bakar semuanya sehingga tidak ada seorang pun lagi yang tinggal. Akibatnya ketegangan telah tercetus bila orang Islam Rohingya terus dijadi sasaran oleh Buddhis Rakhine termasuk dikawasan kampung lain diseluruh wilayah Arakan.

    Sejauh ini pertempuran antara pendudukan etnis Rohingya Muslim dan pihak keamanan telah menyebar ke beberapa desa lain. Laporan yang diterima, polisi menembak ke arah penduduk dan sampai kemarin beberapa orang telah tewas sementara banyak yang cedera.

    Dari informasi langsung dari Maungdaw kami diberi informasi bahwa sebenarnya banyak umat Islam Rohingya yang telah dibunuh dalam tempuh beberapa hari yang lalu. Dari berita Kaladan Press Network, dilaporkan 100 orang Rohingya telah ditembak mati dan lebih 500 orang lagi cedera di Maungdaw.

    Namun mayat mereka yang dibunuh telah diangkut oleh tentara dan polisi dan hingga ini tidak diserahkan kepada keluarga yang bersangkutan. Oleh sebab itu tidak ada informasi tepat jumlah yang terbunuh sehingga ini.

    Namun pengungsi Rohingya di Malaysia melaporkan kepada kami mereka berhubungan langsung dengan keluarga di Arakan dan menemukan banyak yang terluka tapi tidak diizinkan mendapat perawatan di rumah sakit. Akibatnya banyak yang mati dalam kondisi tidak mendapat obat dan perawatan yang dibutuhkan. Lebih mengejutkan kami, pihak keamanan, polisi dan militer, kini dilaporkan telah bekerjasama dengan etnis Rakhine untuk menyerang pada etnis Rohingya Muslim.Meskipun dharurat di istiharkan di Maungdaw dan kini seluruh Arakan, polisi dan teroris Rakhine dilaporkan terus menyerang penduduk Rohingya tanpa belas kasihan.

    Pihak berwenang telah memberlakukan Akta 144 yang membatasi pergerakkan penduduk, namun etnis Rakhine telah dibiar bebas berkeliaran dibawah pengawasan polisi untuk membakar rumah dan merampas barang penduduk Rohingya.Sejauh ini, berita yang diterima, empat desa telah diserang dan dibakar. Rumah penduduk di sebuah kampung Samamia Para @ Myothu Gi telah dibakar termasuk sebuah masjid juga dirusak.

    Rumah orang Rohingya diatur rapi oleh pihak keamanan, namun bukan untuk melindungi mereka, akan tetapi untuk menembak mereka jika mereka keluar rumah. Karena itu penderitaan umat Islam Rohinga dalam beberapa hari ini bertambah parah bila mereka tidak dapat keluar dari rumah untuk membeli kebutuhan makanan sehari.

    Kemarin, 9 hb Juni 2012, sebuah kampung yaitu Hazmia Para telah juga diserang dan dibakar.Terbaru, 10hb Jun 2012, dua kampung paling besar, yaitu Warlispara dan Saki Para (dua kampung paling banyak umat Islam Rohingya) yang memiliki Madrasah dan ribuan pelajar telah diserang oleh pihak Rakhine. Dilaporkan banyak yang terbunuh, masjid dan Madrasah di kampung tersebut juga dibakar.

    Dari informasi terakhir, semua komunikasi terputus dari Arakan termasuk tidak mengizinkan rekaman tentang apa yang terjadi di Arakan. hanya melalui jaringan telekomunikasi dari kota perbatasan dengan Bangaladesh yaitu Maungdaw saja telepon bisa berfunsgsi untuk mendapat informasi.

    Kami mengutuk dengan keras terhadap otoritas Myanmar yang sejak 1982 telah meluncurkan penghapusan etnis terhadap kaum Rohingya. Umat Islam Rohingya pernah diperlaku secara kejam oleh rezim militer Myanmar pada tahun 1942 yang berakibat 100.000 orang Rahingya terbunuh.

    Kini lebih dari 400.000 pengungsi Rohingya di kamp pengungsi di Bangladesh, 60.000 di Thailand, 150.000 di Pakistan, 40.000 di Malaysia. Puluhan pengungsi di kamp pengungsi di Kutupalong dan coax Bazar di Bangladesh berada dalam kondisi sangat dhaif karena otoritas Bangladesh tidak memberikan bantuan.

    Nasib umat Islam Rohingya yang berada di Myanmar berada dalam kondisi yang sangat buruk dan sangat keras. Hukum dan operasi keamanan Nasaka sejak 1982 telah berakibat kesengsaraan yang berat keatas Umat Islam Rohingya yang masih berada di wilayah Arakan, Myanmar.

    Antara penderitaan yang dialami adalah perampasan rumah, tanah, ternak, perusakan masjid, instruksi tidak diizinkan membaikki mana-mana Masjid, ratusan Masjid dimusnah dan diganti dengan Pagoda Buddha, pernikahan dan pergerakkan yang dibatasi hanya dengan izin militer, penangkapan, penyiksaan tanpa bicara, perkosaan wanita dan pemaksaan keluar dari Islam dan dipaksa menganut Buddha.

    Penduduk Rohingya didera sehingga tidak diizinkan memilikki meskipun pisau atau parang untuk penggunaan di rumah kecuali dengan izin militer. Bahkan mereka juga tidak bisa memilikki ponsel. Ada yang ditangkap dan dipenjara hingga 7 tahun hanya karena memilikki ponsel.

    Kami dengan ini mendesak pemerintah Malaysia segera mengambil tindakan untuk menggerakkan inisiatif dari pihak ASEAN agar pembunuhan ini dapat dihentikan dan etnis Rohingya dibela dan dilindungi. Sekretariat ASEAN harus melaksanakan kebijakan melindungi hak Asasi Manusia dikalangan anggotanya terutama setelah Konferensi Puncak ASEAN pada 2009.
    Kami juga menyerukan agar pemerintah Malaysia menyatakan pendiriannya mengenai pembunuhan Umat Islam oleh rezim militer Myanmar yang memberi kerjasama kepada kelompok rasis nasionalis Rakhine Buddha.Kami menegaskan jika pembantaian umat Islam di Myanmar berkelanjutan, kami akan bertindak dengan lebih tegas dan efisien agar rezim militer Myanmar tidak sewenangnya menzalimi umat Islam Rohingya di Myanmar. 

    Abdul Ghani SamsudinKetua SHURA
    Mohd Azmi Abdul HamidSetuausha Agong MAPIM
    Berikut Foto Foto Ratusan Umat Islam Rohingya di bunuh Di Myanmar:

    [imagetag]
    [imagetag]
    [imagetag]
    [imagetag]
    [imagetag]
    [imagetag]


    994932

    0 Responses to “ Ratusan Umat Islam Rohingya di bunuh Di Myanmar [+PIC] ”