Wednesday, June 13, 2012

0

Jam Matahari, Jam Tertua

  • Wednesday, June 13, 2012
  • [imagetag]
    Pernahkah kamu membayangkan, bagaimana orang mengatahui waktu sebelum jam ditemukan?  Pasti kamu menjawab mereka menggunakan jam matahari.  Ya, benar! mereka menggunakan jam matahari.


    Jam matahari adalah seperangkat alat yang menunjukkan waktu berdasarkan letak matahari.  Posisi bayangan yang terbentuk akibat sinar matahari yang menyinari alat tersebutlah yang berfungsi untuk menunjukkan waktu.  Bayangan tersebut berpindah-pindah seiring dengan berjalannya waktu.


    Jam matahari muncul pertama kali di Mesir sekitar tahun 1500 sebelum masehi.  Sekitar seribu tahun kemudian barulah jam ini dikenal oleh bangsa Yunani.




    Jam matahari sangat bergantung pada letak dan posisi di mana jam tersebut berada. Misalnya, jam matahari yang dibuat di Jakarta, akan menunjukkan waktu yang berbeda jika digunakan di Bali pada waktu yang sama. Hal ini dikarenakan posisi matahari yang selalu berubah, akibat perputaran bumi mengelilingi matahari.  Waktu berdasarkan penggunaan bayangan dari sinar matahari ini disebut "waktu matahari ( solar time ).  Jadi tiap-tiap tempat didunia akan memiliki waktunya masing-masing.


    Nah, untuk mencegah kerancuan mengenai waktu yang berbeda-beda tersebut, dibuatlah "waktu standar" ( standard time ).  Waktu tersebut dibagi-bagi menurut wilayah waktu ( time zone ).  Jadi, waktu pada satu wilayah tempat tertentu akan selalu sama.  Saat keluar dari wilayah waktu tersebut dan masuk kewilayah waktu lainnya, barulah waktu tersebut berubah.  Contohnya adalah pembagian waktu di Indonesia yang terbagi menjadi tiga wilayah waktu.  Yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).  Nah, bagaimana? sudah paham semua....!

    Sumber

    Tahukah Kamu?
    Bola resmi Piala Dunia FIFA 2010 adalah JABULANI, yang berarti "bersukacita" dari bahasa Zulu. ini mungkin penyebab bola tsb bergerak terlalu cepat.

    779435

    0 Responses to “ Jam Matahari, Jam Tertua ”