Saturday, May 26, 2012

0

Stasiun Kereta Api Paling 'Indah' di Dunia

  • Saturday, May 26, 2012
  • [imagetag]

    Istilah 'arsitektur modern' memang kerap muncul dalam pikiran gambar rumah dan bangunan. Namun bagaimana jika kata tersebut melekat pada sebuah bangunan stasiun kereta api yang sering terkesan kuno?

    Nah, dilansir Architecture, berikut beberapa stasiun kereta api yang memiliki desain paling menakjubkan sekaligus dijadikan tempat 'wisata' di dunia..

    Southern Cross Station, Australia
    Dengan desain atap yang groovy, stasiun ini tampak luar biasa. Stasiun Southern Cross juga telah menerima banyak penghargaan dari berbagai kalangan.

    Termasuk penghargaan Lubetkin yang telah diberikan oleh Royal Institute of Architects Inggris kepada stasiun Southern Cross.

    La Gare de Strasbourg, Prancis
    Arsitek Jacobsthal Berlin merancang stasiun kereta api La Gare de Strasbourg, Prancis pada 1893 dan sebagian besar bangunan khususnya interior, didesain menggunakan bahan dari kaca.

    Namun pada 2007, desain asli dari stasiun kereta api La Gare de Strasbourg ini hilang karena telah direnovasi.

    Chhatrapati Shivaji Terminus, India
    Seorang arsitek Inggris bernama Frederick William Stevens telah merancang bangunan yang menakjubkan ini. Bangunan yang terletak di Mumbai, India ini adalah salah satu stasiun terbesar di India.

    Selain itu, nama stasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus ini tercantum dalam salah satu daftar situs warisan dunia.

    Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur, Malaysia
    Stasiun kereta ini dikenal dengan sebutan 'benteng tua'. Stasiun yang satu ini juga merupakan sebuah bangunan tua yang didirikan pada 1920 dengan desain arsitektur yang diadaptasi dari sebuah banguna tua kerajaan Islam Eropa zaman dulu.

    Kanazawa, Jepang
    Sepintas ini terlihat seperti bangunan megah stadion sport mewah. Tapi jangan salah, ini bukan stadion. Ini adalah stasiun kereta api Kanazawa di Jepang. Setelah masuk, Anda akan disajikan dengan gerbang setinggi 14 meter, gaya khas Jepang tradisional.

    Tidak hanya itu, di dalam bangunan Anda akan menemukan kubah besar di timur dan bagian barat Anda akan kagum pada interior dibuat dari 3000 lembar kaca.

    St Pancras Station, Inggris
    Ini stasiun mewah dapat ditemukan di Inggris, telah berdiri sejak tahun 1864-1868. Dua patung besar yang terbuat dari perunggu yang bercokol di dalamnya menambah keindahan stasiun ini. Untungnya untuk Anda yang punya waktu untuk berkunjung, karena St Pancras Station memiliki bar sampanye terpanjang.

    703302

    0 Responses to “ Stasiun Kereta Api Paling 'Indah' di Dunia ”