Sunday, April 29, 2012

0

Kehidupan Suku Awá, Suku Terasing di Hutan Amazon

  • Sunday, April 29, 2012
  • Kampanye internasional oleh kelompok advokasi Survival International berharap untuk menyelamatkan suku yang "paling terancam di dunia" — suku Awá di Brasil — dari orang luar yang berusaha mengambil tanah mereka.

    [imagetag]

    Orang-orang suku Awá hidup dari berburu dan berkumpul. Mereka berperjalanan dalam keluarga besar sekitar 30 orang. Mereka akan pergi berburu dalam ekspedisi selama beberapa minggu. Meski begitu, kelompok kecil ini menjadi rentan terhadap serangan orang-orang bersenjata yang disewa oleh para pembuka hutan dan penebang kayu.

    [imagetag]

    Pria-pria Awá adalah pemburu yang membuat sendiri panah serta busur mereka. Kehidupan suku ini sangat tergantung pada hutan dan gaya hidup berburu-berkumpul mereka.


    [imagetag]

    Hemokoma'á berdiri di antara hutan yang terbakar di teritori suku Awá territory 31% persen kawasan mereka sudah dibakar dan dirusak oleh pembuka hutan ilegal.

    [imagetag]

    Apãranã ("Kupu-kupu kecil") berayun dari akar liana melewati sungai tempat anak-anak mandi dan bermain. Orang-orang suku Awá memancing ikan di sungai di kawasan mereka dan menyukai daging kura-kura.

    [imagetag]

    Seperti banyak suku Indian lain di Amazon, Awá menggendong bayi mereka biasanya gendongan ini terbuat dari serat palem namun kini terbuat dari kain.

    [imagetag]

    Suku Awá di Brasil kini terlibat dalam proses hukum untuk melindungi tanah mereka dari pembalakan liar dan pembuka hutan. Amerintxia kemungkinan adalah orang Awá tertua. Dia hidup sendiri dinaungi pohon palem, bersama dengan banyak hewan peliharaannya. Dia masih mengumpulkan sendiri makanannya di hutan.

    [imagetag]

    [imagetag]

    [imagetag]

    [imagetag] 

    siwoksintol.com 29 Apr, 2012

    0 Responses to “ Kehidupan Suku Awá, Suku Terasing di Hutan Amazon ”